CARA HINDARI VIRUS AUTORUN DI FLASHDISK DAN HARDISK PORTABLE


CARA HINDARI VIRUS AUTORUN DI FLASHDISK DAN HARDISK PORTABLE Virus tidak pandang ras dan suku, virus menular secara cepat melalui Flashdisk dan Hardisk USB (portable) milik siapa saja, Milik Dosen, Insinyur, DPR, pun tetap akan menyerang pada dua alat tersebut (USB dan Hardisk Portable) kedahsyatan penularan virus lewat dua storage tersebut dalam hitungan detik, darimana file tersebut bisa menular dan apa penyebabnya serta bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa trik sederhana namun ampuh untuk mengatasi penularan virus tersebut.

Apa kunci utama penularan virus secapat itu, di dalam system komputer pada umumnya telah diset yang namanya autorun, maksudnya, autorun adalah system yang di jalankan oleh komputer setiap USB/Flasdisk atau Hardisk Portable tersebut di tancapkan ke Komputer/PC di manapun di kantor, di warnet, di laptop, maka secara otomatis autorun akan bekeja dan membaca data di USB/hardisk portable terebut agar pemakai siap dan tahu apa isi data yang terdapat di dalam USB/hardik portable, sejalan dengan itu ada beberapa orang iseng yang sengaja memanfaatkan system autorun dari Komputer ataupun lewat Internet, yaitu Email, Games, dll, pada umumnya autorun sengaja dibuat dari orang iseng untuk merusak data atau memindahkan data atau merubah data yang ada dalam usb atau hardisk portable, yag sering kita dengar dari beberapa pengguna USB/ hardisk portable kehilangan atau kerusakan beberapa file penting. Ada beberapa trik untuk mengatasi hal tersebut Cek Komputer Anda file Autorun.inf di beberapa Folder utamanya ada di C:\ (folder utama) baik USB, PC, maupun hardisk portable Biasanya file tersebut sengaja di Hidden (disembunyikan) di beberapa folder maupun di folder utama. Untuk mengetahuinya sangatlah mudah, ikuti cara berikut : Buka Explorer -> Klik kanan di Start -> Explorer -> Pilih Tools -> Pilih Folder  Options – Pilih View -> Centang beberapa perintah .

1. Show Hidden File and  Folder. 2. Hilangkan tanda centang di a. Hide Extentions … dan b. Hide Protected …  Lalu OK 4.  Buka/cek kembali dengan explorer USB/hardisk portable Anda dan cari file   Autorun.inf 5.    Sebenarnya file Autorun.inf bukan sebuah virus, namun oleh orang-orang iseng di jadikan virus untuk mengaktifkan virus tertentu. 6.  Apa bedanya file autorun.virus atau bukan virus, kita buka file tersebut dengan    notepad biasanya seperti di bawah ini : Isi file Autorun.inf dari CD Instaler Program [AutoRun] OPEN=setup.exe ICON=setup.ico Artinya apabila file tersebut di sertakan dalam CD, maka apabila CD tersebut  dimasukkan ke CD ROM otomatis menjalankan file setup, dan pada Explorer Icon CD   akan bergambar icon tertentu. Tetapi apabila file autorun.inf di ubah seperti ini : [AutoRun] OPEN=hiden.bat ICON=virus.ico Artinya apabila file tersebut di sertakan dalam CD atau USB atau Hardisk portable,  dan CD tersebut dimasukkan ke CD ROM, maka otomatis menjalankan file hiden. bat, dan pada Explorer Icon CD  akan bergambar icon tertentu. Betapa dahsyatnya virus autorun.inf bekerja secara otomatis Contoh :                 hiden.bat  (buat dengan notepad dan simpan dengan Extensi hiden.bat (Meyembunyikan file dokumen word  *.doc) @echo off Cls attrib +h +r +s  /D /S *.doc   /nul cls Echo File sudah di sembunyikan pause > nul Exit Contoh :                 Buka hiden.bat  (buat dengan notepad dan simpan dengan Extensi                                                           Buka hiden.bat) (Menampilkan file dokumen word  *.doc) @echo off Cls attrib –h –r –s  /D /S *.doc   /nul cls Echo File sudah tidak di sembunyikan pause > nul Exit Berikut trik agar Flashdisk Anda tidak terjangkiti virus autorun.inf file ini sengaja diciptakan kosong, untuk menandingi virus Autorun.inf file ini tidak berefek apapun karena tidak ada perintah yang di kerjakan dalam                                         autorun.inf, hanya untuk mengantisipasi penularan virus autorun.inf Berikut triknya :  buat sebuah file autorun.inf (sebenarnya folder bukan file) Anti autorun.inf Buka notepad Copy pastekan code di bawah ini ke notepad lalu simpan di Flasdik atau  Hardisk USB (portable) simpan dan beri nama buatAutorun.bat @echo off cls md\\.\\F:\autorun.inf\con md\\.\\F:\autorun.inf\con\nul md\\.\\F:\autorun.inf\con nul\aux cls exit *              Ganti F dengan letak Flashdisk atau hardisk Portable anda saat ini (mungkin F, E,                                    atau D) Apabila berhasil maka akan terdapat file autorun.inf dan ciri khasnya tidak bisa di                                  klik atapun di hapus, inilah trik untuk mengelabuhi virus autorun.inf double Klik BuatAutorun.bat Program Ini akan membentuk file autorun.inf di USB atau Hardisk Portable Silakan artikel lain di google tentang autorun.inf Sawali65@yahoo.com

%d bloggers like this: